Alamat Pengadilan Tinggi Palu

Portal Alamat, - Pengadilan Tinggi sebagaimana dalam undang-undang Nomor 2 Tahun 1986 memiliki tugas dan wewenang mengadili perkara pidana dan perdata di tingkat banding, dan mengadili di tingkat pertama dan terakhir, sengketa kewenangan antara Pengadilan negeri yang berada di Wilayah Hukumnya. Selain itu dalam Undang-Undang Nomor 8 tahun 2004, apabila diminta Pengadilan dapat memberikan keterangan, pertimbangan, dan nasihat hukum kepada Instansi pemerintah yang masuk dalam wilayah yuridiksinya. 

Pengadilan Tinggi (PT) adalah sebuah lembaga peradilan di lingkungan Peradilan Umum yang berkedudukan di ibu kota Provinsi sebagai Pengadilan Tingkat Banding terhadap perkara-perkara yang diputus oleh Pengadilan Negeri. Pengadilan Tinggi juga merupakan Pengadilan tingkat pertama dan terakhir mengenai sengketa kewenangan mengadili antar Pengadilan Negeri di daerah hukumnya. (wikipedia)

Jadi tugas pengadilan tinggi yakni “menerima, memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara yang masuk ke tingkat banding”. Selain itu Pengadilan tinggi juga memiliki fungi melakukan pengawasan sebagaimana yang disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 49 Tahun 2009. 

Kantor Pengadilan Tinggi (PT) Palu terletak di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). PT Palu dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1982, sebelum dibentuk Pengadilan Tinggi, seluruh Pengadilan Negeri di Provinsi Sulteng, masuk ke dalam Yurisdiksi PT Manado, Sejak diresmikan pada tanggal 13 Desember 1982 lalu, PT Palu memiliki 7 (tujuh) satuan kerja Pengadilan Negeri yang menangani permasalahan pidana dan perdata di kabupaten/kota di provinsi Sulawesi Tengah. Ketujuh Penagdilan Ngeri tersebut yaitu : Pengadilan Negeri Palu, Pengadilan Negeri Poso, Pengadilan Negeri Luwuk, Pengadilan Negeri Toli-Toli, Pengadilan Negeri Donggala, Pengadilan Negeri Parigi, dan Pengadilan Negeri Buol.

Alamat Pengadilan Tinggi Palu
Pengadilan Tinggi Palu
Alamat : Jalan Prof. Muh. Yamin No. 1, Palu Kode Pos 94117
Nomor Telepon : (0451) 424784
Nomor Faksimili : (0451) 425053
Email : pt_palu@yahoo.com
Alamat Website : http://pt-palu.go.id/
Disadur dari situs resmi PT Palu, PN Sawahlunto, Wikipedia
Alamat Pengadilan Tinggi Palu Alamat Pengadilan Tinggi Palu Reviewed by Admin on 12.12 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung, mohon tidak menyematkan link aktif promosi, jika berkenan anda dapat mengirimkan profil lengkap usaha dan alamat serta kontak kantor melalui menu Promosi Gratis, untuk kami publikasikan melalui halaman utama.

Diberdayakan oleh Blogger.