Alamat Pengadilan Tinggi Bangka Belitung

Portal Alamat, - Pengadilan Tinggi (PT) adalah sebuah lembaga peradilan di lingkungan Peradilan Umum yang berkedudukan di ibu kota Provinsi sebagai Pengadilan Tingkat Banding terhadap perkara-perkara yang diputus oleh Pengadilan Negeri. Pengadilan Tinggi juga merupakan Pengadilan tingkat pertama dan terakhir mengenai sengketa kewenangan mengadili antar Pengadilan Negeri di daerah hukumnya. (wikipedia)

Pengadilan Tinggi sebagaimana dalam undang-undang Nomor 2 Tahun 1986 memiliki tugas dan wewenang mengadili perkara pidana dan perdata di tingkat banding, dan mengadili di tingkat pertama dan terakhir, sengketa kewenangan antara Pengadilan negeri yang berada di Wilayah Hukumnya. Selain itu dalam Undang-Undang Nomor 8 tahun 2004, apabila diminta Pengadilan dapat memberikan keterangan, pertimbangan, dan nasihat hukum kepada Instansi pemerintah yang masuk dalam wilayah yuridiksinya. 

Jadi tugas pengadilan tinggi yakni “menerima, memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara yang masuk ke tingkat banding”. Selain itu Pengadilan tinggi juga memiliki fungsi melakukan pengawasan sebagaimana yang disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 49 Tahun 2009. 

Pengadilan Tinggi (PT) Bangka Belitung (Babel) terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2004, Tanggal 6 Juli 2004. Saat ini PT Babel membawahi 3 (tiga) pengadilan Negeri, yaitu Pengadilan Negeri Pangkalpinang, Pengadilan Negeri Sungailiat, Pengadilan Negeri Tanjungpandan. 

Pengadilan Tinggi Bangka Belitung
Alamat : Jalan Pulau Bangka, Kel. Air Itam, Kec. Bukit Intan, Pangkal Pinang, Kode Pos 33148
Nomor Telepon : (0717) 439351, 439352
Nomor Faksimili : (0717) 439351
Alamat Website : http://www.pt-babel.go.id/

Disadur dari situs resmi PT Babel, PN Sawahlunto, wikipedia
Alamat Pengadilan Tinggi Bangka Belitung Alamat Pengadilan Tinggi Bangka Belitung Reviewed by Admin on 11.37 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung, mohon tidak menyematkan link aktif promosi, jika berkenan anda dapat mengirimkan profil lengkap usaha dan alamat serta kontak kantor melalui menu Promosi Gratis, untuk kami publikasikan melalui halaman utama.

Diberdayakan oleh Blogger.