Alamat Pengadilan Tinggi Palembang

Portal Alamat, - Pengadilan Tinggi (PT) adalah sebuah lembaga peradilan di lingkungan Peradilan Umum yang berkedudukan di ibu kota Provinsi sebagai Pengadilan Tingkat Banding terhadap perkara-perkara yang diputus oleh Pengadilan Negeri. Pengadilan Tinggi juga merupakan Pengadilan tingkat pertama dan terakhir mengenai sengketa kewenangan mengadili antar Pengadilan Negeri di daerah hukumnya. (wikipedia)

Pengadilan Tinggi sebagaimana dalam undang-undang Nomor 2 Tahun 1986 memiliki tugas dan wewenang mengadili perkara pidana dan perdata di tingkat banding, dan mengadili di tingkat pertama dan terakhir, sengketa kewenangan antara Pengadilan negeri yang berada di Wilayah Hukumnya. Selain itu dalam Undang-Undang Nomor 8 tahun 2004, apabila diminta Pengadilan dapat memberikan keterangan, pertimbangan, dan nasihat hukum kepada Instansi pemerintah yang masuk dalam wilayah yuridiksinya. 

Jadi tugas pengadilan tinggi yakni “menerima, memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara yang masuk ke tingkat banding”. Selain itu Pengadilan tinggi juga memiliki fungi melakukan pengawasan sebagaimana yang disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 49 Tahun 2009. 


Pengadilan Tinggi (PT) Palembang terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1964, tentang Pembentukan Pengadilan Tinggi Palembang, saat ini PT Palembang membawahi 9 (sembilan) satuan kerja yakni Pengadilan Tingkat Pertama yang tersebar di wilayah administratif Provinsi Sumatera Selatan. Wilayah kerja PT Palembang meliputi seluruh wilayah administratif Provinsi Sumatera Selatan yang terdiri dari 17 kabupaten/Kota dengan luas wilayah mencapai 91.592 km2.

Pengadilan Tinggi Palembang 
Alamat : Jalan Jenderal Sudirman Km. 3,5 Palembang
Nomor Telepon : (0711) 352900, 311666
Nomor Faksimili : (0711) 311666
Email : info@pt-palembang.go.id
Alamat Website : http://pt-palembang.go.id/ 
Disadur dari situs resmi PT Palembang, PN Sawahlunto, wikipedia
Alamat Pengadilan Tinggi Palembang Alamat Pengadilan Tinggi Palembang Reviewed by Admin on 09.43 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung, mohon tidak menyematkan link aktif promosi, jika berkenan anda dapat mengirimkan profil lengkap usaha dan alamat serta kontak kantor melalui menu Promosi Gratis, untuk kami publikasikan melalui halaman utama.

Diberdayakan oleh Blogger.